7 Manfaat Wortel Yang Harus Kamu Ketahui

Wortel memiliki nama ilmiah Daucus Carota yang berasal dari keluarga Apiaceae dan genus Daucus. Wortel termasuk ke dalam jenis sayuran yang berasal dari umbi. Wortel memiliki tekstur yang crunchy dengan rasa sedikit manis. Wortel juga termasuk sayuran yang mendunia karena dapat ditemui di hampir semua negara.

Ada berbagai jenis wortel yang dapat ands temui di berbagai belahan dunia. Sayuran ini juga sangat terkenal sebagai sumber vitamin A yang sangat tinggi sehingga dianggap sebagai salah satu bahan makanan sehat di dunia. Selain vitamin A-nya, ternyata wortel juga sangat kaya akan kandungan nutrisi lainnya, maka bagi anda yang ingin hidup sehat mulailah mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Manfaat Wortel Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Wortel

 1. Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Wortel sudah dikenal sebagai sumber makanan yang dapat menyehatkan indera penglihatan. Wortel mentah mengandung banyak sekali vitamin A yakni sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu wortel juga mengandung banyak beta carotene yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kita. Vitamin A selanjutnya diubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk dapat melihat ketika malam hari. Selain itu, penelitian menunjukan jika orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya beta carotene cenderung memiliki kemungkinan menderita katarak dan rabun jauh lebih rendah 40 persen dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi beta carotene.

2. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker
Berbagai penelitian menunjukan jika wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru – paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukan jika wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk ke dalam zat anti kanker. Falcarinol sendiri merupakan sejenis pestida alami yang dihasilkan oleh wortel guna melawan penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur.

3. Membantu Memperlambat Penuaan
Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.

4. Membantu Menyehatkan Kulit
Tingginya vitamin A dan juga anti oksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Kerusakan kulit tersebut juga termasuk keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, jerawat, kulit kering maupun pigmentasi kulit. Hal – hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung caretonoids dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Caretonoids sangat erat kaitannya dengan dengan pencegahan penyakit jantung ini. Dan wortel tidak hanya mengandung caretonoids tetapi juga sekaligus mengandung beta carotene, alpha carotene serta lutein.

6. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol tinggi? Secara teratur mengkonsumsi wortel, khususnya wortel mentah dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah. Ini karena wortel mengandung serat yang mudah dicerna yang mampu mengikat kolesterol jahat.

7. Mencegah penyakit stroke
Penilitian di Universitas Harvard menunjukan jika orang yang mengkonsumsi lebih dari 6 buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki resiko stroke jauh lebih rendah dibantingkan dengan mengkonsumsi satu buah wortel. Jadi jangan remehkan kandungan vitamin yang terdapat pada wortel, sekalipun mudah di dapatkan namun manfaatnya sangat banyak bagi kebutuhan tubuh kita. Salam sehat.

Sumber : Sumber Cerdas

Artikel Terkait 7 Manfaat Wortel Yang Harus Kamu Ketahui :